KEBAKARAN DI MANSALONG KECAMATAN LUMBIS KABUPATEN NUNUKAN

Kejadian terjadi sekitar pukul 01.30 dini hari pada hari senin (26/11) di jalan Maramis RT.01 dan RT.02 desa Mansalong Kecamatan Lumbis Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara. Awal mula api dan kepulan asap hitam pertama kali terlihat oleh masyarakat yang melintas dan berteriak ada kebakaran dari bangunan pusat toko kelontong sembako “Toko Sebatik” dengan pemilik Bapak Agus Salim. Penyebab kebakaran diduga berasal dari kabel sambungan PLN yang disebabkan oleh arus pendek listrik (Korsleting).

Api berhasil di padamkan pukul 05.00 dini hari. Pemadaman dilakukan oleh Bapak Camat Lumbis Rudiansyah, S.E dan warga masyarakat, 20 orang personil PMK Kabupaten Malinau yang dipimpin langsung oleh Kepala Damkar Bapak Ishak, 15 Personil Polsek Lumbis dipimpin oleh IPTU Joko Setiyono selaku Kapolsek Lumbis, 17 Orang anggota Koramil 0911-05 Lumbis dipimpin oleh Mayor Inf. Susena, dan 7 Orang PMK Lumbis dipimpin oleh Bapak Ayub, Damkar Kecamatan Lumbis sebanyak 2 unit mobil, Damkar sektor utara Kabupaten Malinau berjumlah 4 unit mobil, Damkar PT. Adindo sebanyak 1 unit mobil, mobil AWA 1 unit, dan Mesin Alkon 2 unit. Lamanya proses pemadaman bangunan toko dikarenakan banyaknya tumpukan barang sembako dan padatnya rumah warga masyarakat setempat sehingga menghambat proses pemadaman.

Pengamanan lokasi kebakaran dilakukan oleh Personil Polsek Lumbis berjumlah 15 orang, Personil Koramil 0911-05 Lumbis, Personil Satgas Pamtas, Personil Satpol PP Kecamatan Lumbis, Personil Dishub Kecamatan Lumbis.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran yang terjadi tersebut, namun kerugian materi diperkirakan sekitar Rp. 7.000.000.000 (tujuh Milyar Rupiah) meliputi 22 unit rumah warga, 1 penginapan Bilqis, 2 unit toko kelontong, 1 toko alat tulis kantor, 3 unit sepeda motor, 2 unit mobil.